Tips merawat sepeda agar tidak cepat rusak

Merawat sepeda secara teratur sangat diperlukan bagi anda yang memiliki sepeda. Karena merawat sepeda dapat mencegah terjadinya kerusakan pada bagian-bagian komponen tertentu. Contohnya saja pada rantai sepeda, kita harus rajin untuk membersihkannya dari kotoran-kotoran yang menempel dan memberinya pelumas secara berkala untuk mencegahnya aus karena pemakaian. Harus rajin ya bro!hehee.

Rawatlah sepeda anda dengan baik sebagaimana anda merawat sepeda motor anda, ataupun barang pribadi kesayangan anda. Dengan begitu, sepeda anda terjaga dari berbagai hal penyebab kerusakan, dan anda bisa nyaman bila memakainya untuk gowes ria :)

merawat sepeda gunung, sepeda klasik

 Berikut tips bagaimana merawat sepeda agar tidak cepat rusak

  1. Cek komponen penting sepeda
    Periksa bagian-bagian penting sepeda seperti rem, pemindah gigi, pedal, rantai, lampu, dan komponen kecil lainnya untuk dibersihkan. Kencangkan mur baut yang kendor agar terjaga kekuatannya untuk bersepeda.

  2. Cek tekanan ban sepeda
    Periksa tekanan ban sepeda anda, jangan sampai kempes atau kurang tekanan udaranya karena dapat merusak ban bila sepeda digunakan. Pompa ban dengan tekanan yang tidak terlalu keras, yang sedang-sedang saja walau sepeda tidak sedang dipakai.

  3. Bersihkan sepeda setelah pemakaian
    Membersihkan sepeda setelah pemakaian sangat penting. Karena dapat mengurangi resiko berkarat pada bagian-bagaian tertentu yang dapat menimbulkan kerusakan. Bersihkan secara menyeluruh sampai bagian-bagian terkecil sepeda.

  4. Cuci sepeda secara berkala
    Mencuci sepeda secara berkala dan jangan terlalu sering melakukannya untuk menghindari karat pada sepeda. Lakukanlah dengan hanya membilas rangka atau komponen lainnya dengan kain yang sudah dibasahi untuk menghindari air masuk ke rongga-rongga kecil sepeda.

  5. Tutup sepeda bila tidak dipakai
    Menutup sepeda bila sepeda sudah tidak dipakai adalah cara terbaik setelah dibersihkan. Anda dapat menutupnya dengan kain biasa maupun kain khusus untuk menutup sepeda. Dengan cara ini, sepeda dapat terlindungi dari kotoran-kotoran/debu yang bisa menempel pada sepeda. Dengan begitu sepeda anda tetap aman dari debu.
Merawat sepeda dengan baik dan teratur mampu mengurangi resiko kerusakan pada sepeda. Anda masih dapat bersepeda bergowes ria tanpa kawatir terjadi masalah saat bersepeda. Cukup mudah kan bro sist :D

Mudah-mudahan dengan tips merawat sepeda diatas, sobat lebih rajin lagi untuk merawat sepeda sobat masing-masing. Dan mari bersepeda untuk mewujudkan hidup sehat dan melindungi bumi dari segala pencemaran lingkungan. Semoga bermanfaat :)
LihatTutupKomentar