Berbagai macam teknik gowes bersepeda

Taukah anda bahwa bersepeda ada tekniknya? Sebelum melakukan kegiatan bersepeda apa yang pertama kali anda lakukan? Tentunya anda terlebih dahulu mempelajari berbagai macam teknik bersepeda dengan baik dan benar agar nantinya anda tidak mengalami kecelakaan saat menaikinya. Teknik tersebut tentunya berbeda-beda tergantung jenis sepeda yang nantinya akan kita pergunakan. Ketika anda akan bersepeda gunung tentunya anda harus menggunakan teknik atau cara menggunakan sepeda gunung tersebut, apalagi track yang akan di lalui di daerah pegunungan yang pastinya sangat terjal dan sulit sekali bagi pemula. Ketika anda akan menggunakan jenis sepeda gunung,  ada kalanya anda akan menghadapi tanjakan yang cukup terjal dan tentunya memacu adrenalin anda semua. Janganlan anda merasa takut ataupun berfikir untuk berputar arah atau mencari jalan lain yang lebih baik atau terlebih lagi bila anda sampai menuntunya.


Untuk menaklukan medan atau track yang seperti di atas bukanlah yang yang paling mudah, akan tetapi lain ceritanya apabila anda sudah menguasai trik atau teknik dengan benar. Untuk itu ikutilah langkah-langkah berikut ini untuk menghadapi tantangan yang menghadang anda nantinya. Pertama-tama berlatihlah terlebih dahulu bersepeda di trak yang menanjak secara bertahap, mulailah terlebih dahulu dari trak yang tidak begitu curam, lebih curam, dan sangat curam. Sebelum anda mendaki trak yang sangat curam sekali, anda harus menyetel perseneling di gigi yang paling rendah dan teruslah mencoba di gigi-gigi selanjutnya hingga anda mengetahui setelan perseneling di gigi mana yang bisa membuat anda merasa nyaman pada saat mendaki trak yang sangat terjal dan curam. Kemudian langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencondongkan badan ke arah depat dan tetap menjaga agar punggung anda tetap lurus saat mendaki. Tekanan pada roda depan harus tetap terjaga dengan bersandar pada gagang setang, hal ini di lakukan agar jalan sepeda tetap stabil.

Untuk selanjutnya kami akan berbagi teknik bersepeda bagi anak balita, tentunya anda sebagai orang tua pastinya menginginkan anak anda bisa bersepeda dengan baik dan benar. Perkembangan motorik anak usia 3-5 tahun sudahlah mencapai angka kematangan dalam berkoordinasi. Anak pada usia ini pastinya tampak bersemangat dalam mengeksplorasi kemampuan fisiknya. Semangat tersebut dapat terlihat dari keinginan anak tersebut untuk belajar mengendarai sepeda yang cocok digunakan untuk anak-anak setelar mereka mencapai usia 3 tahun. 

Cara yang lebih efektif untuk melatih keseimbangan seorang anak di usia ini pada saat belajar bersepeda adalah dengan menaiki sepeda tanpa menggunakan pedal. Biarkanlah terlebih dahulu kedua kaki sang anak menjejak tanah untuk belajar keseimbangan terlebih dulu di atas sepeda. Lakukan hal ini berulang kali sampai ia percaya diri, merasa nyaman, dan menguasai keseimbangan tersebut. Saat sepeda mulai berjalan, mintalah ia untuk sesekali mengangkat kedua kakinya dari tanah dan luruskan berkali-kali sampai ia benar-benar menguasai keseimbangan di atas sepeda yang sedang berjalan. Untuk langkah selanjutnya sang anak harus memposisikan kaki kiri menjejak tanah dan kaki kanan di atas pedal dengan posisi pedal diatas(posisi sesuai dengan arah jarum jam 2). Dengan begitu, saat anak anda mulai mengayuh pedal kanan terlebih dahulu dan kaki kiri akan naik ke pedal kiri pada waktu yang tepat. Lakukan hal ini berulang kali sampai anak anda benar-benar mahir dalam menaiki sepeda. Terimakasih mudah-mudahan teknik bersepeda tersebut bermanfaat bagi anda semua.
LihatTutupKomentar