Sejarah awal mula sepeda BMX

Taukah sobat tentang sepeda BMX? Lalu lantaskah anda bertanya-tanya bagaimana  sejarah sepeda BMX? Nah, kali ini akan kita bahas tentang sejarah awal mula sepeda BMX yang telah melegenda selama bertahun-tahun ini. Mulanya BMX berawal dari jenis sepeda Schwinn Stingray yang diproduksi pada tahun 1963, yang sebelumnya digunakan anak-anak untuk meniru gaya motocross riders.


Pada tahun 1970-an sepeda BMX sedang booming-boomingnya, banyak anak muda diluar negri sana yang menggunakan BMX untuk bersepeda dengan berbagai gaya freestyle. Karena dalam mengendarai sepeda BMX ini membutuhkan ketrampilan khusus.

Dan pada akhirnya di tahun 1990an, olahraga ekstrim menggunakan BMX inipun mulai menjadi sorotan dunia dan dijadikan sebagai salah satu cabang olahraga. Karena semakin populer, lantas pada tahun 2008 dijadikan sebagai cabang olimpiade internasional.

Mengendarai sepeda BMX memiliki banyak tantangan yang rumit. Salah satunya adalah melakukan beberapa manuver dan beberapa lompatan, seperti berputar diudara dan melakukan jamping pada skateboard. Dengan kebutuhan yang extrim tersebut, rangka atau frame BMX biasanya berukuran 20 inci yang dibuat dengan bahan yang ringan dan tentu saja kuat untuk menahan beban sang pengendara.

Saat ini ada dua organisasi menaungi balap BMX di Amerika, diantaranya adalah ABA dan National Bicycle League (NBL). Kedua organisasi tersebut, secara umum ABA meliputi pantai barat Amerika dan NBL meliputi pantai timur Amerika. Ada juga organisasi yang khusus mewadahi freestyle BMX di Amerika, yaitu American Freestyle Association atau biasa disingkat AFA.

Sampai sekarang sejarah sepeda BMX semakin popular di Amerika Serikat dan di berbagai penjuru dunia sampai pada detik ini. Semoga bermanfaat :)
LihatTutupKomentar