Makanan sehat penunjang aktifitas gowes bersepeda

Makanan sehat wajib untuk dikonsumsi bagi anda seseorang yang aktif dengan rutinitas bersepeda. Tentunya hal ini bermanfaat untuk menunjang aktifitas gowes bersepeda anda. Tubuh kita memerlukan energi yang tercukupi dalam melakukan olahraga ini, jangan sampai kesehatan anda terganggu karena pola makan yang tidak sehat.

Lalu kebutuhan sumber energi yang seperti apa yang dibutuhkan tubuh kita untuk menunjang aktivitas bersepeda? Hal ini tentunya dibedakan pada atlet sepeda profesional yang menjalani latihan rutin dan yang bersepeda menjalani rutinitas biasa.


Kita harus tahu bahwa aktifitas gowes bersepeda memerlukan energi ekstra yang berbanding lurus dengan asupan makanan kebutuhan sumber energi anda. Namun demikian kebutuhan energi makanan sehat ini juga harus teratur, dalam artian tidak boleh berlebihan dan tidak boleh kurang. Sama artinya dengan kebutuhan sumber energi yang seimbang.

Lalu apa saja batasannya agar tidak berlebihan maupun kekurangan energi? Berikut lima aturan sederhana terkait pola makan untuk memenuhi kecukupan energi dan stamina bagi para pengendara sepeda,
  1. Makan 10-20g protein dan 20-50g karbohidrat
    Makan sumber energi tersebut sesegera mungkin setelah (bersepeda) pada saat pelatihan. Karena hal ini merupakan proses penyediaan nutrisi yang paling efektif dan penting yang akan memaksimalkan pemulihan, pemenuhan energi dan stamina.
  2. Makanan sebelum (bersepeda)
    Jika Anda sudah makan dalam waktu tiga jam dari awal dari sesi bersepeda, Anda tidak perlu makan lagi. Jika saat ini sudah lebih dari tiga jam, makanlah makanan kecil karbohidrat sederhana dalam waktu satu jam awal. Untuk sesi pelatihan intensif seperti interval ini penting Anda mulai sepenuhnya berbahan bakar.
  3. Porsi makan yang ideal bagi pesepeda
    Sepiring makanan yang Anda konsumsi semestinya mengandung sepertiga sumber energi, sepertiga makanan kesehatan dan makanan sepertiga fungsi. Penuhi hak Anda atas sepiring sarapan pagi, makan siang dan makan malam secara teratur, dan Anda akan mendapatkan semua nutrisi yang Anda butuhkan.
  4. Asupan makanan selama di atas sepedaada aktifitas bersepeda jarak jauh diperlukan 60g karbohidrat per jam. Selama pelatihan itu tidak masalah dari mana Anda mendapatkannya. Anda bisa mendapatkannya dari minuman, gel atau membuat cemilan lain. Tidak heran jika Anda lihat dalam sebuah perlombaan/balap sepeda, seorang atlit terlihat tidak segan-segan mengantongi pisang pada kantong jerseynya.
  5. Beda berat badan, beda kebutuhan
    Diet Anda harus memenuhi/mempertimbangkan seberapa berat badan Anda. Untuk itu silahkan perhatikan informasi berikut: kebutuhan karbohidrat 5-8g/kg berat badan, kebutuhan protein 1.5-2g/kg berat badan dan kebutuhan lemak 1-2g/kg berat badan. Jika Anda mengikuti aturan 1-4 Anda tidak boleh terlalu jauh dari target ini. Mereka terbukti mendukung pelatihan, meningkatkan pemulihan dan membantu Anda mendapatkan energi dan stamina dengan lebih baik.
Semoga pokok bahasan artikel tentang makanan sehat penunjang gowes bersepeda diatas dapat bermanfaat dan menjadi referensi untuk anda. Salam gowes :) (sumber:gowes.org)

Bacas juga artikel menarik tentang Alasan mengapa anda harus rajin bersepeda
LihatTutupKomentar