Tips gowes bersepeda di malam hari

Gowes bersepeda malam hari? mengapa tidak!? Saat ini di wilayah kota besar di Indonesia telah banyak anak muda yang hobby bersepeda di malam hari, bahkan ada beberapa komunitas yang menggalakan bersepeda setiap bulannya. Sepeda sudah menjadin salah satu tren hobi masyarakat saat ini, baik itu kaum remaja, bapak-bapak, ibu rumah tangga, bahkan pasangan muda-mudi yang sedang kasmaran. Bagi kalangan muda, bersepeda di malam hari dihabiskan waktunya untuk melewati kencan dengan pasangan masing-masing.

Bersepeda di malam hari ternyata asik juga loh sobat, namun juga musti memperhatikan beberapa hal yang menyangkut keselamatan dalam berkendara. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin dibutuhkan untuk bersepeda di malam hari:
Bersepeda di malamhari (bambuwulung.wordpress.com)

1. Lampu Depan
Lampu depan sangat penting untuk bersepeda di malam hari. Tak ada bedanya dengan motor, lampu depan berfungsi untuk menerangi jalan di depan kita. Namun selain itu juga berfungsi sebagai informasi bagi pengendara didepan kita. Alangkah baiknya menggunakan lampu depan yang terang yang dapat menembus kabut atau asap.

2. Reflektor
Reflektor juga penting! Reflektor ini bertujuan untuk memantulkan cahaya dari depan maupun belakang. Reflektor ini juga berfungsi sebagai lampu tambahan. Sama halnya dengan lampu depan, reflektor ini bermanfaat untuk menginformasikan keberadaan kita kepada pengendara lain. Biasanya reflektor yang dipakai berwarna putih untuk depan dan berwarna merah untuk bagian belakang sepeda.

3. Klakson mini
Klakson mini atau "klinting" juga wajib untuk dipasang di sepeda. Kenapa? karena klakson dapat digunakan sebagai tanda apabila sang goweser ingin meminta jalan kepada para pengguna jalan yang lain.

4. Lampu Belakang
Tak ada bedanya dengan lampu depan, lampu belakang juga sangat penting seperti halnya reflektor. Alat ini sangat bermanfaat untuk menginformasikan kendaraan di belakang kita, terlebih anda bersepeda di malam hari. Reflektor belakang ini sebaiknya berwarna merah atau kuning agar lebih jelas di malam hari.

5. Helm
Helm juga tak kalah penting! Walaupun hanya bersepeda, alangkah baiknya juga memperhatikan keselamatan diri sendiri. Helm merupakan pelindung kepala yang wajib dikenakan setiap saat anda bersepeda, baik di siang hari, terlebih dimalam hari. Helm juga berfungsi menghindari terpaan angin langsung di bagian atas kepala.

6. Toolkit Sepeda
Toolkit wajib anda siapkan untuk berjaga-jaga apabila nanti terjadi masalah pada sepeda anda. Toolkit berguna nantinya untuk memperbaiki kerusakan yang tidak diduga dimalam hari

7. Pakaian
Pakaian penting dalam menunjang anda bersepeda di malam hari. Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat, tapi tidak terlalu tipis karena malam hari, dan berwarna cerah.

8. Air Minum
Nah air minum ini yang terkadang lupa, dalam bersepeda usahakan untuk meminum air walaupun belum merasa haus. Hal ini untuk menyeimbangkan kondisi panas tubuh saat bersepeda. Dan janganlah anda bersepeda dengan perut kosong.

Semoga tips gowes bersepeda di malam hari tersebut bermanfaat untuk anda yang gemar bersepeda di malam hari. Tetap patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada. Selamat bersepeda :)

Baca juga info menarik yang lain tentang Tips memilih sepeda untuk pemula
LihatTutupKomentar