Macam jenis sepeda gunung MTB

Berbagai jenis sepeda MTB yang ada dipasaran sangat banyak sekali. Salah satu jenis sepeda yang banyak diminati oleh para pecinta sepeda adalah jenis sepeda gunung atau biasa disebut MTB. Sepeda gunung MTB diminati karena kegunaannya sebagai transportasi bebas bahan bakar minyak. Sepeda jenis ini sangat nyaman untuk berbagai keperluan seperti berangkat ke kantor, berangkat sekolah, maupun bersepeda santai saat weekend.


Beberapa jenis sepeda MTB sengaja diciptakan khusus untuk beberapa medan. Banyak tipe sepeda MTB yang masing-masing tipe memiliki fungsi yang berbeda dalam kebutuhannya, dan memerlukan aksesoris sepeda yang berbeda pula pada beberapa model. Bagi anda yang berkeinginan untuk memiliki sepeda gunung, ada baiknya anda mengenal beberapa model tipe sepeda gunung berikut ini.

  1. All Mountain MTB
    Tipe ini adalah jenis sepeda gunung yang mengutamakan kenyamanan untuk menjelajahi segala medan. Sepeda Tipe All Mountain dilengkapi dengan suspensi depan dan belakang yaitu full suspension, sehingga mampu melintasi medan berbatu, naik turun bukit, serta menjelajahi hutan dan lintasan off road. Sepeda ini dapat anda gunakan sebagai sepeda segala medan yang menantang.
     
  2. Downhill MTB
    Tipe ini adalah jenis sepeda gunung untuk medan yang berbukit dan bergunung, sehingga kurang nyaman dan tidak effisien digunakan di jalan-jalan perkotaan karena pengendara akan cepat kelelahan yang disebabkan oleh roda yang terlalu besar sehingga kontak roda juga sangat besar. Karena sepeda ini dirancang untuk mampu melaju dengan cepat dan aman dalam menuruni medan terjal dan berbukit, sepeda ini memiliki kemampuan untuk menikung dengan stabil dan dapat bermanuver dengan aman pada kecepatan tinggi. Sepeda ini cocoknya untuk menuruni gunung atau medan jalan yang menurun.

  3. Freeride MTB
    Tipe ini adalah jenis sepeda yang lebih diarahkan untuk mampu menghadapi lompatan tinggi dan kondisi-kondisi extrem, rangkanya kuat tetapi kurang memiliki kelincahan karena memiliki bobot yang berat, akan cepat melelahkan apabila digunakan jarak jauh.

  4. Cross Country MTB
    Tipe ini adalah jenis sepeda yang biasa disebut disebut juga dengan tipe XC, dari namanya dapat diketahui bah sepeda ini memang digunakan untuk menjelajah dengan stabil pada jarak yang cukup jauh. Sangat optimal digunakan pada tanjakan jalan aspal maupun jalan tanah. Biasanya sepeda tipe ini digunakan untuk medan-medan perkotaan. Untuk meredam benturan sepeda ini dilengkapi dengan suspensi di bagian depan, sementara suspensi belakang tidak terlalu penting karena medan yang dilewati relatif rata.

  5. Dirt Jump MTB
    Tipe ini adalah jenis sepeda yang fungsinya mirip dengan BMX, frame sepeda jenis ini biasanya menampakkan kesan kekar dan kokoh, namun tetap bergaya. Dirancang untuk melakukan lompatan-lompatan tinggi dan extreme. Biasa digunakan untuk freestyle seperti BMX.
Bagi anda yang ingin segera memiliki sepeda gunung, maka pertimbangkanlah dengan matang bagaimana nantinya medan yang akan anda lalui. Pilihlah dengan cermat dan bijaksana dengan menyesuaikan harga yang terjangkau. Semoga bermanfaat! Salam Gowes!
LihatTutupKomentar