11 Tips Mengendarai Sepeda di Jalan Raya


Hai sobat gowes! Semangat bersepeda ya! Tapi ya jangan sampai melupakan keselamatan diri. Bersepeda dengan mematuhi peraturan yang ada, apalagi dijalan raya, pesepeda tetap harus mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

Selain daripada itu masih banyak tips bersepeda di jalan raya. Simak berikut ini mudah mudahan berguna :

1. Selalu berkendara di sebelah kiri jalan, dan selalu fokus agar sepeda anda tidak keluar jalur. Dan awasi jalur yang anda lewati, hindari pecahan kaca, gelas, paku dan benda2 yang mencurigakan yang dapat membuat bocor ban anda.

2. Berdisiplin di jalan raya. Selalu beretika di jalan raya, bersabar dan hargai hak-hak sesama pengguna jalan termasuk pejalan kaki.

3. Antisipasi keadaan lalu lintas sejauh 10 meter di depan anda, dan hindari reaksi yang tiba-tiba , misalnya langsung berbelok ke kiri atau ke kanan jalan.

4. Selalu awasi semua pergerakan di depan, belakang, kanan dan kiri anda. Jangan melawan arus jalan, karena ini sangat berbahaya sekali untuk anda dan pengguna jalan yang lain.

5. Selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas. Ketika berpindah jalur dari kiri ke kanan biasakan menggunakan tanda dari tangan anda, jika ingin ke kanan arahkan tangan anda ke kanan dan sebaliknya.

6. Ketika ingin memutar pastikan anda berhenti di depan putaran dan berhenti sebentar di trotoar sebelah kiri, setelah keadaan benar-benar aman baru anda menyebrang selayaknya pejalan kaki dengan hati-hati (mengalah untuk menang).

7. Jangan pernah terlalu yakin kalau kendaraan di depan, di belakang atau di samping anda bisa melihat anda,oleh karena itu berhati hatilah dengan sepeda anda.

8. Jika ada pejalan kaki di depan anda kurangilah kecepatan sepeda anda, jika ingin mendahului ucapkan ‘permisi’ supaya mereka tahu keberadaan anda di belakang mereka dan tidak membuat mereka kaget atau panik.

9. Kendaraan bermotor memggunakan mesin bukan otot, jadi jangan buang-buang energy untuk mengalahkan mereka.

10. Apabila terjadi sesuatu dengan sepeda anda, berusahalah tetap tenang dan secara perlahan carilah tempat aman untuk memeriksa kerusakan.

11. Bersepeda di jalan raya bukanlah bersepeda wisata jadi tetaplah focus dan perhatikan sekeliling anda.

Baca juga : Tips Bersepeda di Jalan Menanjak

Semoga tips diatas dapat dimanfaatkan dengan bijak. Teteap berhati-hati di jalan ya!
LihatTutupKomentar