Apakah anda mengalami sakit dibagian tubuh tertentu setelah bersepeda?

Pernahkah anda baru pertama kali bersepeda lalu setelahnya badan terasa sakit semua? Bagian tubuh yang sakit setelah gowes pertama kali adalah hal yang wajar. Namun bila sakitnya tidak berkesudahan maka anda perlu untuk berobat ke klinik maupun dokter.

Biasanya setelah gows bersepeda pertama kali anda akan merasakan sakit pada pinggul, sakit pada kaki, cidera punggung, bahkan sakit pada pangkal paha. Namun anda tidak perlu panik dalam hal ini karena kita akan membahas masalah rasa sakit tersebut beserta penanggulangannya di bawah ini.


Berikut ini merupakan pembahasan beberapa bagian tubuh yang sering mengalami rasa sakit setelah gowes bersepeda pertama kali.

1. Otot Achilles
Achilles tendons merupakan otot yang terletak dibagian belakang pergelangan kaki yang menghubungkan otot betis dengan tumit. Bila anda merasakan rasa sakit pada bagian itu biasanya karena permasalahan pada teknik pedaling yaitu saat menggenjot pedal sepeda. Pada umumnya rasa sakit tersebut dikarenakan sadel terlalu tinggi yang memaksa pengendara sepeda menggunakan ujung jarinya untuk meraih pedal pada saat posisi terbawah. Jadi bisa dipastikan semakin jauh kontak antara kaki anda dengan pedal maka semakin besar tekanan pada otot achilles.

2. Pergelangan kaki
Kebanyakan para goweser sering mengeluh sakit pada pergelangan kaki. Hal tersebut disebabkan pergerakan pergelangan kaki saat mengayuh pedal sepeda.

3. Lutut
Rasa sakit pada lutut atau dengkul adalah hal yang biasa setelah gowes bersepeda. Cidera lutut pesepeda sering terjadi karena diakibatkan salah teknik bersepeda atau kesalahan bike fitting.

Ada beberapa kesalahan umum postur tubuh saat gowes bersepeda

1. Punggung
Pungung seharusnya posisi melengkung seperti jembatan bukan drooping forward antara pinggul dan lengan.

2. Siku
Siku seharusnya sedikit ditekuk, tidak lurus dan terkunci. Ini membuat otot lengan beraksi bak shock absorber.

3. Pundak
Pundak seharusnya didorong kedepan sehingga otot didepan dada membantu membawa beban tubuh bagian atas secara santai. Penopangan tulang disediakan tetapi dengan resilency otot yang menyediakan shock absortion.

Jadi kesimpulannya adalah cari posisi senyaman mungkin dalam mengendarai sepeda. Anda bisa mengatur posisi sadel sesuai kenyamanan anda bersepeda ria.
LihatTutupKomentar